Rabu, 05 Juni 2013

Perpisahan, agar kita mengerti arti sebuah kebersamaan.



Perpisahan, agar kita mengerti arti sebuah kebersamaan.


Tanpa terasa, sudah enam tahun kalian berada disini.  Serasa baru kemarin bertemu, kini telah berpisah.  Waktu berjalan dengan cepat.
Seringkali kami bertanya , kenapa harus ada pertemuan jika akhirnya akan berpisah, perpisahan yang terkadang membuat hati tak rela dan mata berkaca-kaca.
Namun, kita harus menyadari bahwa bukankah Allah menciptakan semua berpasang-pasangan.  Bukan hanya bagi Mahluk-Nya, tapi untuk segala hal.  Dan hal itu, adalah bukti ke Maha Besaran-Nya.  Siang-malam, kaya-miskin, panas-dingin, hitam-putih dan lainnya.
Takkan kita mengerti akan arti “siang” dan hikmah didalamnya (dimana kita dapat belajar disekolah. Berkumpul dengan teman  beraktivitas, mencari rizky, dn sebagainya) tanpa adanya “malam” dimana  kita bisa beristirahat dari penatnya aktivitas ketika “siang”.
Begitu pula “pertemuan” dan “perpisahan”, bukankah indahnya sebuah pertemuan, yang melahirkan kebersamaan dan rasa di dalamnya, itu akan lahir dan kita rasakan karena adanya perpisahan ?  Manakala kita dipisahkan oleh jarak dan waktu, maka ketika itulah nilai “pertemuan” itu akan terasa.  Adapun nilai tersebut negatif atau positif, adalah tergantung dari individunya.
Sekolah tidaklah selalu membosankan seperti yang biasa murid-murid pikirkan, namun sekolah merupakan tampat yang menyenangkan dan mendatangkan banyak manfaat, sekolah merupakan tempat  untuk menuntut ilmu. “ saya rasa hal ini telah banyak yang tahu.” Sekolah selain merupakan tempat kita menuntut ilmu, sekolah juga merupakan tempat dimana kalian saling berinteraksi dan bersosialisasi, tempat dimana kalian membentuk kepribadian diri, dan masih banyak lagi manfaat sekolah yang telah kita ketahui.            Selain itu, bagian yang menyenangkan dari sekolah adalah kalian dapat berkumpul bersama teman-teman yang menjalani proses belajar mengajar yang sama, senasib dan sependapat dalam beberapa hal.
            Ada satu hal yang tidak menyenangkan di sekolah bahkan bukan hanya di sekolah, namun didalam setiap kehidupan, hal yang tidak menyenangkan itu merupakan PERPISAHAN. Perpisahan dapat terjadi bukan hanya di lingkungan sekolah, namun biasa kita rasakan dalam kehidupan kita sehari-hari. Ada perkenalan ada juga yang namanya perpisahan.
            Perpisahan merupakan suatu rangkaian atau alur kehidupan yang harus dijalani oleh setiap manusia dalam mengikuti arus kehidupan . Mungkin sebagian besar manusia tidak menyukai yang namanya perpisahan begitu juga saya, karena perpisahan merupakan suatu  proses yang sungguh berat untuk diterima, perpisahan adalah pengorbanan. Pengorbanan dalam melanjutkan alur selanjutnya dalam kehidupan. Perpisahan memisahkan segala hal yang telah tersimpan dalam kenangan, walaupun kenangan yang tidak menyenangkan  sekalipun.
            enam tahun bukanlah waktu yang sebentar,  telah banyak kenangan yang terukir dan sulit untuk dilupakan, namun  segala kenangan yang  telah menghiasi perjalanan waktu tersebut dalam seketika harus berhenti saat menjumpai kata PERPISAHAN. Walaupun segalanya bukan selamanya indah, akan tetapi segala kenangan baik atau buruknya telah terukir dan sulit untuk dihapus, walaupun dihapus masih akan meninggalkan bekas, layaknya sebuah ukiran.
            Perpisahan dengan guru-guru , perpisahan dengan adik-adik kelas, perpisahan dengan teman-teman, perpisahan dengan kelas-kelas, bangku-bangku, meja-meja, dan masih banyak lagi hal yang telah kalian alami dilingkungan SDN 1 Padangan ini.
            Walaupun di setiap perpisahan selalu meninggalkan luka di hati setiap individu, namun yang perlu kalian tahu  ada satu hal yang tidak dapat dipisahkan dengan satu kata perpisahan, hal yang dimaksud adalah AJARAN yang telah guru-guru sampaikan dan terekam dalam pikiran kalian . Ajaran yang tidak luput oleh waktu, ajaran yang selalu muda walaupun waktu terus berjalan.

, jika selama ini aku “kejam,” itu adalah caraku untuk kelak tahu makna kepergianmu”

Kami berharap tetap jadilah pribadi-pribadi yang kuat dan menyenangkan dan selalu gunakan waktu kalian untuk hal-hal positif

“Segala sesuatu mengalami perpisahan, akan tetapi Ajaran dari seseorang yang berharga sulit untuk dipisahkan.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar