Kamis, 23 Februari 2012

PERINGATAN MAULID NABI MUHAMMAD SAW

 
PERINGATAN MAULID NABI MUHAMMAD SAW
5 FEBRUARI 2012 (1433 H)

            Pada tanggal 18 Februari 2012. SDN I Padangan, Ngantru, Tulungagung. Mengadakan acara Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, acara ini digelar dengan harapan agar kita semua menjunjung nilai-nilai agama kita, yakni nilai-nilai yang ada pada kaidah Al Qur’an dan hadits. Dengan menggali nilai-nilai agama Islam, khususnya yang berkaitan dengan sejarah lahirnya Nabi Besar kita Muhammad SAW. Tepatnya  pada hari Senin tanggal 12 Rabiul Awal tahun gajah.
Saya yakin bahwa kelahiran Muhammad di dunia ini merupakan salah satu petunjuk bagi kita untuk lebih meningkatkan ketakwaan kita kepada Allah SWT. Untuk itu tepatlah jika kita mengkaji lebih jauh tentang Muhammad sebagai Nabi akhir zaman, yang sekaligus menjadi panutan dalam memperaktekkan setiap petunjuk-petunjuknya dalam menjalani kehidupan ini hingga di akhirat nanti.

Perlombaan

Sebelum acara inti agar lebih meriah kami, SDN I Padangan meggelar perlombaan yang bertujuan agar para siswa bisa meneladani apa yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad secara langsung melalui pendikan karakter…
Adapun lomba yang digelar :
  1. Adzan
  2. Pidato
  3. Tartil Alquran
  4. Kaligrafi
Yang diikuti siswa mulai kelas 3 sampai kelas 6

kegiatan Lomba
































Susunan Acara  Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

  1. Pembukaan
  2. Pembacaan ayat suci Alquran (daffa & sintia )
  3. Sambutan dari Kepala sekolah ( diwakili P. edi Susilo )
  4. Hikmah Maulid Nabi Muhammad SAW ( B. Afi )
  5. Sholawat ( B Ambiyati )
  6. Do’a / penutup ( P. edi Susilo )
  • Dalam sambutannya P.Edi menegaskan tentang pentingnya pendidikan karakter kepada para siswa, hal ini diperlukan karena SDN I Padangan  berusaha mencetak generasi bangsa yang cerdas dan kreatif tanpa meninggalkan nilai nilai luhur seperti sopan santun terhadap orang tua dan guru, saling menghormati dan menghargai sesama teman 
  • Hikmah Maulid Nabi
Nabi Muhammad dilahirkan pada hari Senin tanggal 12 Rabiul Awal tahun gajah.
Dinamakan tahun gajah karena sebelum kelahiran Nabi .Abrahah dengan bala tentaranya bermaksud menghancurkan Ka'bah dengan menggunakan kendaraan gajah.

Abrahah adalah seorang panglima pasukan Romawi yang bengis dan kejam dan tak pernah terkalahkan dimedan perang pada masa itu.
Sebelum itu diceritakan Abrahah telah mendirikan sebuah gereja sangat besar dan tinggi untuk menandingi Ka'bah, sejak lama Abrahah membenci Ka'bah karena selalu dikunjungi banyak orang, maka Abrahah membuat sebuah bangunan gereja yang sangat mewah, namun orang-orang tidak banyak tertarik untuk datang kesana malah tetap lebih banyak datang ke Ka'bah, hal inilah yang menjadi pemicu kecemburuan besar Abrahah kepada Ka'bah, maka dengan bala tentaranya yang tak kurang dari ribuan pasukan mulai bergerak menyerang Ka'bah.
Dalam perjalanan meraka merampok dan merampas harta para kaum Qurais yang ditemuinya, tak luput ratusan ternak Abdul Muthalib pun menjadi jarahan pasukan Abrahah.
Sebelum sampai ke Ka'bah tiba-tiba datang burung-burung ababil yang diutus Allah dari langit melempari mereka dengan batu-batu krikil panas langsung mengenai semua tentara Abrahah, pasukan Abrahah langsung kucar kacir dibuatnya, tubuh dan kendaraan yang kena lemparan meleleh bagai daun-daun yang dimakan ulat.
Hal ini disebutkan Allah dalam surat Al-Fiil ayat 1-5.
Inilah kebesaran yg ditunjukkan Allah kepada manusia sebelum kelahiran Nabi Muhammad SAW.

Saya yakin bahwa kelahiran Muhammad di dunia ini merupakan salah satu petunjuk bagi kita untuk lebih meningkatkan ketakwaan kita kepada Allah SWT. Untuk itu tepatlah jika pada malam hari ini kita mengkaji lebih jauh tentang Muhammad sebagai Nabi akhir zaman, yang sekaligus menjadi panutan dalam memperaktekkan setiap petunjuk-petunjuknya dalam menjalani kehidupan ini hingga di akhirat nanti.

Adapun kesimpulan  yang bisa kita ambil dalam peringatan  kelahiran Nabi Muhammad SAW adalah sebagai berikut:

1. Menambah keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

2. Bisa lebih mencintai Rasulullah SAW.

3. Mempererat talisilaturrahmi antar sesama muslim

4. Memperluas dan menyemarakkan syiar Islam

 Dokumentasi kegiatan



Tidak ada komentar:

Posting Komentar